Wavy Tail

Jumat, 17 Mei 2019

Katakana, Hiragana dan Kanji

Katakana adalah salah satu daripada tiga cara penulisan bahasa Jepang. Katakana biasanya digunakan untuk menulis kata-kata yang berasal dari bahasa asing yang sudah diserap ke dalam bahasa Jepang (外来語/gairaigo). Katakana diciptakan dari sebuah komponen grafis yang diambil dari kanji. Katakana memiliki 46  set huruf.

Hasil gambar untuk katakana

  • HIRAGANA
Hiragana adalah suatu cara penulisan bahasa Jepang dan mewakili sebutan sukukata. Pada masa silam, ia juga dikenali sebagai onna de (女手) atau 'tulisan wanita' karena biasa digunakan oleh kaum wanita. Kaum lelaki pada masa itu menulis menggunakan tulisan Kanji dan Katakana. Sama seperti Katakana, Hiragana pun memiliki 46 set huruf.


Kegunaan Hiragana

  • menulis akhiran kata. Contoh: okuru (mengirim) ditulis: 送. Yang bercetak tebal itulah okurigana.
  • menulis kata keterangan (adverb), beberapa kata benda (noun) dan kata sifat (adjektif).
  • perkataan-perkataan yang penulisan Kanji-nya tidak diketahui atau sudah lama tidak digunakan.
  • menulis bahan bacaan anak-anak seperti buku teks, animasi dan komik (manga).
  • menulis furigana, dikenal juga dengan rubi, yaitu teks kecil di atas kanji, yang menandakan bagaimana suatu kata dibaca. 

    

Hasil gambar untuk hiragana
























  • KANJI
Kanji (漢字), secara harfiah berarti "aksara dari Han", adalah aksara Tionghoa yang digunakan dalam bahasa Jepang. Kanji adalah salah satu dari empat set aksara yang digunakan dalam tulisan modern Jepang selain kana (katakanahiragana) dan romaji.
Asal mula kanji adalah dari piktograf atau gambar yang disederhanakan menjadi karakter atau huruf tulisan. Jumlah kanji China diperkirakan lebih dari 40.000 karakter namun hanya sekitar 3000 karakter kanji yang umum digunakan di negara Jepang.

Hasil gambar untuk kanji

0 komentar:

Posting Komentar